Iklan Mini

Kamis, 11 Juni 2009

Blu-ray apatuh????

1.Apa Itu Blu-ray?


Blu-ray, yang juga dikenal sebagai Blu-ray Disc (BD) adalah nama dari generasi optik disk format. Format dikembangkan untuk memungkinkan perekaman, penulisan ulang dan pemutaran video berdefinisi tinggi (HD), serta penyimpanan data dalam jumlah yang besar. Formatnya menawarkan lebih dari lima kali penyimpanan kapasitas tradisional dan DVD, dapat menyimpan hingga 25GB pada satu-layer disc dan 50GB pada dual-layer disc. Untuk informasi lebih umum tentang Blu-ray, kita lihat apa yang Blu-ray? bagian.


2.Mengapa disebut Blu-ray?


Nama Blu-ray berasal dari sebuah teknologi yang memanfaatkan sebuah laser biru-violet untuk membaca dan menulis data. Namanya kombinasi antara "Blue" (blue-violet laser) dan "Ray" (optik ray). Menurut Blu-ray Disc Association ejaan dari "Blu-ray" bukan kesalahan, hilangnya karakter "e" itu sengaja tersentuh sehingga istilah dapat terdaftar sebagai merek dagang.

Nama lengkap yang benar adalah Blu-ray Disc, tidak Blu-ray Disk (salah ejaan)
Yang benar adalah nama singkat Blu-ray, tidak Blu-Ray (salah huruf besar) atau Blue-ray (salah ejaan)
Singkatan dari blu-ray yang bebar adalah BD, BR atau tidak BRD (salah singkatan)


3.Siapakah yang mengembangkan Blu-ray?


The Blu-ray Disc format dikembangkan oleh Blu-ray Disc Association (BDA), sebuah kelompok terkemuka elektronik, komputer dan media manufaktur, dengan lebih dari 180 anggota perusahaan dari seluruh dunia. Dewan Direksi saat ini terdiri dari:

  • Apple Computer, Inc
  • Dell Inc
  • Hewlett Packard Perusahaan
  • Hitachi, Ltd
  • LG Electronics Inc
  • Matsushita Electric Industrial Co, Ltd
  • Mitsubishi Electric Corporation
  • Pioneer Corporation
  • Royal Philips Electronics
  • Samsung Electronics Co, Ltd
  • Sharp Corporation
  • Sony Corporation
  • Sun Microsystems, Inc
  • TDK Corporation
  • Thomson Multimedia
  • Twentieth Century Fox
  • Walt Disney Pictures
  • Warner Bros Hiburan


4.Format Blu-ray yang direncanakan?


Sebagai konvensional dengan CD dan DVD, Blu-ray direncanakan untuk menyediakan berbagai macam format termasuk ROM / R / RW. Format berikut ini merupakan bagian dari Blu-ray Disc spesifikasi:

BD-ROM - read-only format HD untuk distribusi film, games, software, dll
BD-R - format untuk merekam HD video recording dan PC penyimpan data.
BD-RE - rewritable format untuk HD video recording dan PC penyimpan data.

Ada juga rencana untuk BD / DVD format hibrida, yang menggabungkan Blu-ray dan DVD yang sama pada disc sehingga dapat diputar di kedua Blu-ray player dan pemutar DVD.


5.Berapa banyak data yang dapat anda muat di sebuah Blu-ray disc?


Satu-layer disc dapat menyimpan 25GB.
A dual-layer disc dapat menyimpan 50GB.

Untuk memastikan bahwa Blu-ray Disc format mudah dan extendable (Bukti masa depan) ini juga termasuk dukungan untuk multi-layer discs, yang harus memungkinkan kapasitas penyimpanan yang akan meningkat menjadi 100GB-200GB (25GB per layer) di masa yang akan datang hanya dengan menambahkan lapisan ke disk.


6.Berapa banyak video yang dapat Anda muat di sebuah Blu-ray disc?


Lebih dari 9 jam definisi tinggi (HD) video pada disk 50GB.
Sekitar 23 jam-definisi standar (SD) video pada disk 50GB.



7.Berapa cepat Anda dapat membaca / menulis data pada disk Blu-ray?


Menurut Blu-ray Disc spesifikasi, 1x kecepatan didefinisikan sebagai 36Mbps. Namun, sebagai film BD-ROM akan memerlukan 54Mbps data transfer rate minimum kecepatan kami mengharapkan untuk melihat adalah 2x (72Mbps). Blu-ray juga memiliki potensi untuk kecepatan lebih tinggi, sebagai akibat dari kecepatan rana yang lebih besar numerik (NA) yang diadopsi oleh Blu-ray Disc. Besarnya nilai NA efektif, berarti Blu-ray akan memerlukan daya yang kurang untuk merekam dan rendah daripada kecepatan rotasi disk DVD dan HD-DVD yang sama untuk mencapai tingkat transfer data. Sedangkan media itu sendiri terbatas perekaman kecepatan di masa lalu, sehingga satu-satunya faktor untuk Blu-ray adalah kemampuan perangkat keras. Jika kita asumsikan maksimal disk kecepatan rotasi 10.000 RPM, maka 12x di luar diameter harus mungkin (sekitar 400Mbps). Hal ini mengapa Blu-ray Disc Association (BDA) sudah memiliki rencana untuk meningkatkan kecepatan untuk 8x (288Mbps) atau lebih di masa mendatang.


8. Video codec yang akan mendukung Blu-ray?


MPEG-2 - HD untuk ditingkatkan, juga digunakan untuk memutar DVD dan HDTV rekaman.
MPEG-4 AVC - bagian dari standar MPEG-4 yang juga dikenal sebagai H.264 (Profil tinggi dan Utama Profil).
SMPTE VC-1 - berdasarkan standar Microsoft Windows Media Video (WMV) teknologi.

Perlu diketahui bahwa ini hanya berarti bahwa semua Blu-ray player dan Perekam akan ada untuk mendukung pemutaran video codec ini, ia akan tetap sampai ke studio film yang memutuskan untuk video codec (s) yang mereka gunakan untuk melepas Blu-ray.

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com